Seminar Pendidikan dengan Tema Publication in Reputable Journals: Do’s and Don’ts for Scholars”

PSD LPPM UNS – Pusat Studi Difabilitas (PSD) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah menyelenggarakan kegiatan Seminar Pendidikan dengan tema Publication in Reputable Journals: Do’s and Don’ts for Scholars”. Seminar pendidikan digelar secara luring di ruang sidang 1 LPPM UNS pada hari Senin (22/01/2024).

Kegiatan dibuka oleh Wakil Dekan II Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS yaitu Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si sebagai perwakilan dari Kepala PSD LPPM UNS. Dalam sambutannya, beliau berharap kegiatan ini dapat menjadi salah satu kegiatan rutin yang diselenggarakan PSD LPPM UNS dan bisa menjadi salah satu kegiatan positif sebagai tempat belajar mahasiswa.

“Saya harap PSD LPPM juga menyelenggarakan kegiatan rutin baik itu seminar, sosialisasi, pelatihan, dan kegiatan lain yang bisa menjadi wadah mahasiswa untuk belajar.”

Peserta dari kegiatan ini dikhususkan bagi mahasiswa magister (S2) serta doktoral (S3) di lingkungan UNS yang berjumlah 40 mahasiswa dan 10 orang peer group PSD LPPM UNS. Keberlangsungan seminar dilanjutkan oleh Ibu Dr. Nur Arifah Drajati, M.Pd selaku moderator. Narasumber kegiatan seminar terdiri dari 2 narasumber yaitu Bapak Dr. Joko Yuwono, M.Pd. yang menyampaikan materi tentang profile of the center for disability studies research institutions and community service UNS dan Prof. Hyo-Jeong So, Ph.D. yang menyampaikan materi tentang publishing in scholarship of teaching and learning (SOTL) journals. Sebelum mahasiswa mempublikasikan jurnal, mahasiswa harus tahu alasan (kenapa) ingin mempublikasikan, apa tantangan dalam mempublikasikan, dan apa strategi yang dimiliki untuk mempublikasikan jurnal. Oleh karena itu, Prof. Hyo-Jeong So memberikan tips dan trik untuk penulisan artikel agar bisa lolos atau terbit pada jurnal yang bereputasi Internasional.

Jalan Ir. Sutami 36 Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia, 57126. | Phone: +62 815-4843-1270 | Email: psdlppmuns@unit.uns.ac.id

© 2024 PSD LPPM UNS